Faktor Peningkat Resiko Terkena Asam Urat

Faktor Peningkat Resiko Terkena Asam Urat

Faktor Peningkat Resiko Terkena Asam Urat
Faktor Peningkat Resiko Terkena Asam Urat

Hidup sehat merupakan harapan setiap orang.  Bisa bekerja dan ibadah impian semua orang.  Namun hidup laksana roda berputar, susah senang silih berganti, begitupun sehat dan sakit datang menghampiri bergantian.

Manusia adalah mahluk berakal, dibekali akal oleh Allah untuk dapat memilih mana yang bai dan buruk.  Akal berfungsi juga untuk mengatasi setiap masalah yang hadir dalam kehidupan.

Semakin tua usia bumi, semakin banyak saja penyakit yang berkembang.  Semakin tua usia tubuh manusia, maka akan semakin mudah terserang penyakit.

Salah satu penyakit yang dikenal adalah asam urat, yakni penyakit berupa rasa sakit atau nyeri dipersendian.  Asam urat sendiri merupakan hasil pemecahan zat purin di dalam tubuh.  Normalnya asam urat ini keluar melalui buang air kecil.  Namun jika produksi asam urat dalam tubuh terlalu banyak, dan ginjal tidak mampu mengeluarkan semua, maka asam urat yang tinggal dalam tubuh inilah yang kemudian menjadi masalah.

Semakin lama kandungan asam urat dalam darah semakin meninggkat.  Bila batas toleransi tubuh telah terlewati, maka akan segera dimulai serangan rasa sakit pada sendi-sendi tubuh.

Kadar asam urat dalam tubuh dapat diketahui melalui tes darah.  Kadar normal asam urat dalam tubuh pria berkisar antara 3,5 dan 7,2 mg / dL, sedang pada wanita berkisar antara 2,6 hingga 6 mg/dl. Bila angka ini terlewati maka orang tersebut dapat disebut terkena penyakit asam urat.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan seseorang dapat terjangkit asam urat

  1. Jenis kelamin

Pria memiliki resiko lebih besar mengalami gejala serangan asam urat jika dibandingkan dengan wanita. Hal ini disebabkan karena hormon esterogen pada wanita mampu menurunkan kadar asam urat serta memperlancar pembuangannya melalui ginjal. Kadar asam urat di dalam tubuh pria meningkat selama masa puber.

  1. Faktor usia

Sebagian besar gangguan asam urat terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40 hingga 50 tahun. Pada wanita, penyakit ini umumnya terjadi setelah mengalami masa menopause.  Gangguan asam urat jarang terjadi pada anak-anak dan remaja.

  1. Riwayat keluarga

Seseorang yang mengalami gangguan asam urat lebih memungkinkan mewariskan hal yang sama bagi keturunannya kelak.

  1. Konsumsi obat – obatan

Beberapa jenis obat-obatan dipercaya mampu mengembangkan resiko gangguan asam urat, diantaranya :

Mengkonsumsi obat-obatan diuretik seperti thiazide yang biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif, dan kondisi lain

Mengkonsumsi aspirin dengan dosis rendah setiap hari yang biasanya digunakan untuk mencegah serangan jantung dan stroke

Mengkonsumsi obat anti-penolakan seperti cyclosporine yang dikonsumsi setelah melakukan transplantasi organ untuk beberapa kondisi rematologi.

Mengkonsumsi levodopa yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson

Konsumsi niacin yang digunakan untuk meningkatkan high density lipoprotein (HDL) dalam darah.

  1. Minum terlalu banyak alkohol

Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dengan dosis sedang hingga tinggi sebanyak dua gelas per hari untuk pria, atau satu gelas perhari untuk wanita, dapat meningkatkan potensi resiko asam urat. Konsumsi bir berpotensi tinggi meningkatkan resiko gangguan asam urat. Bahaya alkohol juga dapat menyebabkan penyakit paling mematikan di dunia seperti jantung dan kanker.

  1. Diet

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat purin yang tinggi seperti : daging merah, jeroan (hati, ginjal), ikan kalengan, teri, ikan haring, asparagus, kembang kol, kacang, dan jamur dapat mengembangkan resiko gangguan asam urat. Baca : Makanan penyebab asam urat

  1. Paparan timbal. Paparan timbal dalam tingkat tinggi juga dipercaya dapat mengembangkan resiko gangguan asam urat.
  2. Kondisi kesehatan lainnya

Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan seperti obesitas, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, kolesterol yang tinggi, hypothyroidism (gangguan tiroid), psoriasis, anemia hemolitik, serta gangguan ginjal memungkinkan memiliki resiko lebih besar untuk terserang gangguan asam urat.

  1. Konsumsi minuman yang terlalu manis

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman ringan yang terlalu manis  atau pun minuman yang mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa adalah zat gula alami yang ditemukan pada buah-buahan.

  1. Mandi malam

Dari jaman dahulu memang telah dipesan oleh orang tua agar jangan mandi terlalu malam, bahaya mandi malam memang ternyata dapat menyebabkan asam urat. Selain itu mandi malam dapat menyebabkan rematik dan berdampak pada berbagai gangguan metabolisme tubuh.

Terlepas dari faktor-faktor tersebut, beberapa orang yang memiliki kadar asam urat tinggi dalam darah mereka tidak ditemukan pembentukan kristal-kristal natrium urat pada persendian mereka.

Sampai hari ini dunia kedokteran belum mampu menemukan obat yang cocok untuk menyembuhkan asam urat.  Obat yang diberikan dokter hanyalah penahan rasa nyeri, yang jika dikonsumsi jangka panjang akan menimbulkan gangguan terhadap ginjal.  Namun sebenarnya sebelum dokter menemukan penyakit asam urat, orang tua kita dulu telah lebih dulu menemukan penyakit ini berikut obatnya.  Dulu asam urat disebut sebagai penyakit encok, dan sudah banyak ramuan obat yang digunakan oleh masyarakat.

Di desa, penyakit ini tidak terlalu menjadi masalah, sebab masyarakat desa tahu bagaimana cara mengobatinya.  Semua yang ada di alam sungguh menjadi obat.

Dan kini obat tersebut telah dikemas menjadi kapsul.  Dan diberi merk MAHHABBAH.  MAHHABBAH, telah banyak membantu penderita asam urat untuk lepas dari rasa sakit dan sembuh dari asam urat.

MAHHABBAH bisa didapatkan melalui http://obatencok.com/obat-herbal-asam-urat/ atau di toko kami yang beralamat di Jl.Wijaya Timur VI No.9 RT 010 RW 02 Petogogan Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12170 Telp 081511194344

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s