Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolestrol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolestrol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Kolestrol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol
Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolestrol secara alami bisa dibentuk oleh tubuh, selebihnya di dapat dari makanan hewani, seperti daging, unggas, ikan, margarin, keju, dan susu. Adapun makanan yang berasal dari nabati, seperti buah, sayur, dan beberapa biji-bijian, tidak mengandung kolestrol.

Semakin tinggi kadar kolesterol dalam darah, semakin besar peluang orang tersebut terkena penyakit jantung, stroke, darah tinggi dan penyakit lainnya.  Penyebab utama tingginya kadar kolesterol dalam darah kebanyakann disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang salah.

Perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi kolesterol, menjaga Anda dari obat penurun kolesterol atau meningkatkan efek obat Anda. Berikut adalah lima perubahan gaya hidup untuk Anda mulai.

Kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Anda dapat mengurangi kolesterol dengan obat-obatan, tetapi jika Anda lebih suka membuat perubahan gaya hidup untuk menurunkan kolesterol, Anda dapat mencoba lima perubahan ini gaya hidup sehat. Jika Anda sudah mengambil obat, perubahan ini juga dapat meningkatkan efek penurun kolesterol mereka.

  1. Menurunkan berat badan

Membawa beberapa pound ekstra – bahkan hanya beberapa – kontribusi untuk kolesterol tinggi. Kehilangan sesedikit 5 sampai 10 persen dari berat badan Anda dapat membantu secara signifikan mengurangi kadar kolesterol.

Mulailah dengan mengambil jujur, melihat menyeluruh di kebiasaan makan Anda dan rutinitas sehari-hari. Pertimbangkan tantangan Anda untuk menurunkan berat badan dan cara untuk mengatasinya.

Jika Anda makan ketika Anda sedang bosan atau frustrasi, berjalan-jalan sebagai gantinya. Jika Anda mengambil makanan cepat saji untuk makan siang setiap hari, pak sesuatu sehat dari rumah. Jika Anda sedang duduk di depan televisi, cobalah mengunyah wortel bukan keripik kentang yang Anda menonton. Luangkan waktu dan menikmati daripada “melahap” makanan Anda. Jangan makan tanpa berpikir.

Dan mencari cara untuk memasukkan lebih banyak aktivitas dalam rutinitas harian Anda, seperti menggunakan tangga daripada mengambil lift. Mengambil stok apa yang sedang Anda makan dan tingkat aktivitas fisik Anda dan perlahan-lahan bekerja perubahan.

  1. Makan makanan sehat untuk jantung

Bahkan jika Anda memiliki tahun makan yang tidak sehat di bawah ikat pinggang Anda, membuat beberapa perubahan dalam diet Anda dapat mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Pilih lemak sehat. Lemak jenuh, yang ditemukan dalam daging merah dan produk susu, meningkatkan kolesterol kolesterol total dan low-density lipoprotein (LDL), kolesterol “buruk”. Sebagai aturan umum, Anda harus mendapatkan kurang dari 7 persen dari kalori harian Anda dari lemak jenuh. Sebaliknya, pilih potongan lebih ramping daging, susu dan tak jenuh tunggal lemak rendah lemak – ditemukan dalam zaitun, kacang dan minyak canola – untuk pilihan sehat.

Menghilangkan lemak trans. Lemak trans dapat ditemukan dalam makanan yang digoreng dan banyak produk panggang komersial, seperti cookies, kerupuk dan kue ringan. Tapi jangan mengandalkan paket yang diberi label “trans bebas lemak.” Di Amerika Serikat, jika makanan yang mengandung kurang dari 0,5 gram lemak trans per porsi, dapat diberi label “trans bebas lemak.” Meskipun jumlah tersebut tampaknya kecil, mereka dapat bertambah dengan cepat jika Anda makan banyak makanan yang memiliki sejumlah kecil lemak trans di dalamnya. Sebaliknya, membaca daftar bahan. Anda dapat mengetahui apakah makanan memiliki lemak trans di dalamnya jika mengandung minyak terhidrogenasi parsial.

Batasi kolesterol dalam makanan Anda. Bertujuan untuk tidak lebih dari 300 miligram (mg) kolesterol per hari – kurang dari 200 mg jika Anda memiliki penyakit jantung atau diabetes. Sumber yang paling terkonsentrasi kolesterol termasuk jeroan, kuning telur dan produk susu. Gunakan potongan daging ramping, pengganti telur dan susu skim sebagai gantinya.

Pilih biji-bijian. Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam biji-bijian mempromosikan kesehatan jantung. Pilih roti gandum, pasta gandum, tepung gandum dan beras merah.

Persediaan pada buah dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran yang kaya serat makanan, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Snack pada buah-buahan musiman. Percobaan dengan casserole berbasis sayuran, sup dan aduk-goreng. Jika Anda lebih suka buah kering untuk buah segar, membatasi diri untuk tidak lebih dari segelintir (sekitar per ounce atau dua). Buah kering cenderung memiliki lebih banyak kalori daripada buah segar.

Makan makanan yang kaya asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan LDL Anda (“buruk”) kolesterol. Beberapa jenis ikan – seperti salmon, mackerel dan herring – yang kaya akan asam lemak omega-3. Sumber lain dari asam lemak omega-3 termasuk kenari, almond dan biji rami tanah.

  1. Latihan di hampir setiap hari dalam seminggu

Apakah Anda kelebihan berat badan atau tidak, olahraga bisa mengurangi kolesterol. Lebih baik lagi, aktivitas fisik moderat dapat membantu meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) kolesterol, yang “baik” kolesterol. Dengan dokter Anda OK, bekerja sampai setidaknya 30 menit latihan sehari. Ingat bahwa menambahkan aktivitas fisik, bahkan dalam interval 10 menit beberapa kali sehari, dapat membantu Anda mulai untuk menurunkan berat badan. Pastikan bahwa Anda dapat mengikuti perubahan yang Anda memutuskan untuk membuat. Pertimbangkan:

Mengambil berjalan setiap hari selama jam makan siang Anda

Naik sepeda untuk bekerja

Berenang lap

Bermain olahraga favorit

Untuk tetap termotivasi, menemukan teman latihan atau bergabung dengan kelompok latihan. Dan ingat, setiap kegiatan membantu. Bahkan mengambil tangga bukan lift atau melakukan beberapa situps sambil menonton televisi dapat membuat perbedaan.

http://www.obatencok.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s