6 Penyebab Cacingan – Pencegahan dan Pengobatan

6 Penyebab Cacingan – Pencegahan dan Pengobatan
6 Penyebab Cacingan – Pencegahan dan Pengobatan

6 Penyebab Cacingan – Pencegahan dan Pengobatan

[Penyebab cacingan banyak yang tidak diketahui oleh banyak orang | Cacingan merupakan penyakit yang penyebabnya sedikit orang yang tahu | Sangat sedikit orang yang paham penyebab cacingan|,sehingga banyak orang yang tidak tahu cara menghindari penyakit cacingan ini.

Penyakit cacingan umumnya menyerang anak-anak, sehingga orang tua yang memiliki anak sebaiknya mengetahui gejala, penyebab dan cara mengatasi penyakit cacingan.

Anak-anak banyak yang tidak mengetahui apa saja yang menyebabkan dirinya menjadi cacingan, oleh sebab itu orang tualah yang harus memperhatikan tumbuh kembang anak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap anaknya.

Anak-anak senang sekali bermain dengan kotor-kotoran terutama media tanah dan juga dengan kuman yang ada di tanah tersebut. Saat itulah peran orangtua amat dibutuhkan , bermain dengan kuman boleh saja asalkan kuman tersebut tidak menyerang anak dan masuk ke dalam tubuh anak.

Pengertian Penyakit Cacingan

Kita sering mendengar penyakit cacingan, namun banyak orangtua yang tidak tahu apa itu penyakit cacingan yang sebenarnya. Penyakit cacingan merupakan parasit yang tumbuh di dalam tubuh manusia dan mengganggu tubuh manusia tersebut, akibatnya adalah semua nutrisi yang masuk ke dalam tubuh manusia itu dimakan oleh parasit cacing tersebut. Oleh sebab itu , orang tua perlu mengetahui apa saja penyebab cacingan yang dapat membahayakan anak.

Jenis Cacingan

6 Penyebab Cacingan – Pencegahan dan Pengobatan
6 Penyebab Cacingan – Pencegahan dan Pengobatan

Selama ini orang mengira penyakit cacingan hanya satu jenis saja, namun ternyata cacingan terdiri dari dua jenis. Berikut penyakit cacingan yang harus anda ketahui :

Cacing Kremi
Jenis penyakit cacing kremi sering dialami oleh anak-anak. Cacing ini memiliki ukuran yang kecil, yaitu sekitar seperempat inci. Cacing ini bisa menginfeksi usus anak, namun tidak akan menimbulkan gejala sehingga anak-anak tidak menyadarinya. Cacing kremi ini biasanya akan bergerak saat malam hari, cacing itu akan bergerak menuju ke anus dan kemudian bertelur. Anak biasanya tidak bisa tidur karena merasakan gatal pada ususnya.

Cacing Pita
Cacing pita bisa menyerang orangdewasa , cacing pita sering dijumpai pada sejumlah daging babi.

Cacing Gelang
Penyakit cacingan yang disebabkan oleh cacing gelang bisa menembus pori-pori kulit dan bisa hidup di paru-paru. Jangan anggap remeh cacing gelang, hal itu dikarenakan penyakit cacing gelang bisa menimbulkan penyakit yang lainnya dalam tubuh.

Penyebab Cacingan

Yang harus diperhatikan adalah cacingan yang biasanya menyerang anak . Anak-anak tidak bisa mengungkapkan apa yang dia rasakan sehingga orangtualah yang harus memberikan perhatian dan perlindungan ekstra terhadap anaknya.
Berikut ini hal-hal yang bisa menyebabkan cacingan:

1. Kurang Memelihara Kebersihan
Anak-anak tidak bisa jika diharuskan menjaga kebersihan, banyak anak-anak yang merasa cuek dengan kebersihannya. Seperti setelah bermain tanah anak tidak cuci tangan dan dia memasukkan makanan menggunakan tangannya ke dalam mulut. Hal inilah yang menjadi penyebab utama mengapa anak-anak terkena cacingan.

2. Lingkungan Yang Kotor
Lingkungan yang kotor adalah penyebab anak-anak terkena cacingan. Anak-anak bisa saja bermain di lingkungan yang kotor dan mengandung cacing di dalamnya sehingga anak bisa rentan untuk terkena cacingan.

3. BAB Di Sembarang Tempat

Anak jangan dibiasakan untuk membuang air besar di sembarang tempat, hal itu dikarenakan jika BAB di sembarang tempat anak rentan untuk terkena cacingan. Alasannya adalah penderita cacingan saat mengeluarkan tinja cacing itu akan ikut keluar, saat tinja mengering maka cacing itu akan hidup dan berkeliaran kembali. Alasan itulah yang tidak boleh membiarkan anak untuk BAB secara sembarangan.

4. Tidak Memakai Alas Kaki

Kebiasaan tidak memakai sandal juga dapat menyebabkan anak terkena cacingan. Cacing jenis gelang bisa menembus permukaan kulit dan pori-pori manusia. Cacing itu bisa bertelur dan kemudian menimbulkan cacingan. Oleh sebab itu biasakan kepada anak-anak anda untuk selalu memakai alas kaki saat memijak tanah . Tanah adalah sumber kuman dan tempat tinggal cacing penyebab cacingan.

5. Makanan

Cacingan juga bisa disebabkan oleh makanan yang tercemar oleh larva cacing. Larva itu saat berada di dalam usus kemudian bertelur dan kemudian berkembang biak. Hal itulah yang menyebabkan anak menjadi penyebab cacingan.

6. Minuman

Siapa sangka jika meminum air mentah secara terus menerus dapat menyebabkan telur cacing tumbuh dalam perut. Minum air mentah adalah salah satu kebiasaan buruk yang harus dihindari, teruatama untuk anak-anak yang belum mengerti bahaya minum air mentah. Sebab air yang masih mentah terdapat bakteri jahat yang dapat menumbuhkan telur cacing bersarang dan menyebabkan cacingan pada anak. Oleh karena itu biasakan pada anak untuk meminum air matang agar tidak ada kuman yang bersarang di dalam perut.

Menghindari Penyakit Cacingan

Cara Mengatasi Cacingan
Dari 5 penyebab cacingan ini semoga dapat menjadi pengetahuan untuk para orangtua agar selalu menjaga kebersihan, terutama untuk anak yang masih belajar dalam masa pertumbuhan dengan segudang aktivitas dan keinginan mereka. Semoga artikel ini bermanfaat 🙂 silahkan dishare agar semakin banyak yang paham dan semakin sehat Indonesiaku

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s